Cara Belajar Jadi Fotografer

Cara Belajar Jadi Fotografer

Saat ini telah banyak orang yang terjun di dunia fotografi. apalagi prospeknya yang begitu menjanjikan membuat orang-orang begitu tertarik ingin menjadi seorang fotografer. untuk menjadi fotografer tentunya tidak langsung asal saja melainkan harus melalui proses terlebih dahulu yakni dengan memperhatikan Cara Belajar Jadi Fotografer.Belajar fotografi bisa dari berbagai sumber. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali seluk beluk ilmu ini agar nantinya Anda bisa belajar ilmu ini secara lebih mendalam. Fotografi adalah seni mengabadikan objek dari sebuah lensa, yang kemudian biasanya hasilnya akan dicetak menjadi karya visual yang indah. Sebuah foto yang profesional, tidak perlu adanya terlalu banyak editing untuk memperoleh gambar yang terlihat menakjubkan. Hanya saja saat ini, sudah banyak fotografer yang menggunakan software editing seperti Photoshop, Photo Illustrator dll untuk menjadikan hasil jepretan mereka lebih indah. Hal ini boleh saja dilakukan, karena perkembangan jaman yang makin modern.

Tips Memilih Jasa Foto

Cara Belajar Jadi Fotografer

Untuk menjadi fotografer yang profesional, sebaiknya anda mengetahui Cara Belajar Jadi Fotografer berikut ini :

1.Bacalah Buku Manual dari Kamera Anda

Jika Anda membeli sebuah kamera, Anda sebaiknya membaca buku manualnya terlebih dahulu. Jika Anda langsung menggunakannya, Anda mungkin akan menemukan beberapa kesulitan yang memungkinkan Anda melakukan perlakuan yang tidak sesuai untuk kamera Anda sehingga berpotensi merusak kamera Anda. Apalagi jika kamera Anda memiliki banyak menu. Maka dari itu, kenali lah terlebih dahulu fungsi dan tata cara penggunaannya sebelum menggunakannya.

2.Menemukan Sesuatu untuk Dijadikan Sasaran

Langkah kedua yaitu Anda harus menentukan apa yang akan menjadi sasaran dari kamera Anda. Jangan biarkan uang Anda terbuang percuma untuk membeli kamera tanpa mengetahui jelas apa maksud dan tujuan utama Anda dalam mempelajari seni fotografi. Anda tidak perlu bingung ketika mempelajari seni fotografi. Anda bisa menggunakan berbagai benda yang berada di sekeliling Anda untuk dijadikan sasaran kreatifitas Anda.

3.Kamera Hanyalah Sebuah Kamera

Tidak peduli harga kamera yang Anda pakai, jika Anda memang seorang yang piawai dalam membidik objek dengan kamera, Anda pasti dapat menghasilkan foto dengan komposisi yang baik. Masih tentang cara mengontrol seberapa banyak cahaya diperbolehkan untuk melewati lensa dan ke media perekam. Namun, masih ada kesalahpahaman bahwa teknologi adalah satu-satunya yang bertanggung jawab dengan hasil fotografi. Teknologi ini hanya percikan yang tentunya harus berasa dari api yang dinyalakan sang fotografer.

4.Belajar Tentang Exposure

Exposure adalah kombinasi dari tiga variabel utama yang mengontrol jumlah cahaya yang diperbolehkan untuk berinteraksi dengan sensor kamera Anda atau film, yaitu :

– Shutter speed

– Aperture

– Film speed (ISO)

5.Belajar Tentang Komposisi

Dalam mempelajari komposisi sebuah foto tentunya Anda akan berhubungan dengan emosi, gerak, merasa, warna, dan berbagai variabel lainnya. Anda bisa membaca berbagai buku yang membahas mengenai komposisi sebuah foto yang baik dan bagaimana cara memproduksinya.

6.Ambil waktu Anda

Ketika Anda berada dalam tanah praktek fotografi maka waktu bukan lah lagi faktor yang bisa Anda kompromikan. Anda perlu memberikan waktu untuk diri Anda sendiri dalam mengambil foto dan belajar seni fotografi. Waktu yang dibutuhkan tentu tidaklah sedikit. Namun, hal tersebut akan menjadi percuma jika Anda tidak melakukannya dengan baik dan sungguh-sungguh. Anda tentu perlu manajemen waktu yang baik untuk poin ini. Jangan biarkan diri Anda menjadi terburu-buru dan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal.

7.Mempelajari Sekeliling Anda

Ini adalah sesuatu yang harus dipelajari ketika mulai mengambil foto. Anda harus fokus pada apa yang ada di depan Anda. Salah satu kelemahan fotografi adalah bahwa hal tersebut memaksa fotografer untuk melihat dunia 3 dimensi tanpa batas, tanpa melirik. Ini cukup memotivasi fotografer untuk memusatkan perhatian dan mencoba mengambil momen tersebut.

Nah, di atas adalah tentang bagaimana Cara Jadi Fotografer dan semoga dapat bermanfaat bagi anda yang hendak terjun ke dunia fotografi. semoga bermanfaat.